pintu nabawi kuningan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Pintu Nabawi

Kali ini kami akan memaparkan tentang cara bagaimana memilih pintu nabawi kuningan atau juga di sebut replika pintu masjid nabawi. Dengan baik di perlukannya memperhatikan beberapa hal seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini. Pintu ini memiliki banyak hal yang perlu di perhatikan ketika akan membelinya mulai dari desain, kayu dan kuningan.

Desain pintu nabawi kuningan

Mengapa desain perlu di perhatikan ketika akan membeli pintu ini ?

  • Ukuran

Kalau dari segi ukuran mungkin tidak perlu kami jelaskan panjang lebar lagi tentunya para pembaca sudah mengetahui penyebab ini penting. Secara singkatnya ukuran perlu di perhatikan agar sesuai dengan ukuran pintu. Yang kita mau atau mungkin kusen pintu yang sudah kita buat sebelumnya.

  • Desain

Perlu di perhatikan juga tentang seperti apa desain yang anda pakai. Apakah akan sama persis seperti di masjid nabawi di makkah atau mau ada improvisasi dari anda agar memiliki ciri khasnya sendiri.

Bagian apa yang biasanya di improfisasi oleh para pembeli?

Ada dua bagian yang biasanya di custom yaitu akan kami perjelas dengan gambar berikut:

pintu-nabawi

Di bagian yang kami kasih tanta merah itu merupakan bagian yang biasanya di custom dengan menggantinya dengan kaligrafi sesuai dengan keinginannya. Kemudian di bagian lainnya ada di

Bagian tengah pintu ini adalah bagian dari handle pintu itu sendiri. Dan di situ terdapat ukiran biasanya ada pembeli yang mengcustom bagian yang melingkar itu dengan kaligrafi juga.

Kayu Pada Pintu

Bagian ini juga perlu anda perhatikan ketika ingin membeli pintu nabawi ini. Dari segi apa aja yang perlu di perhatikan dari kayu ini :

Jenis kayu

Ini perlu di perhatikan karena jenis kayu yang tetap dan harusnya di pakai itu kayu jati lebih tepatnya jati TPK (Tempat Penimbunan Kayu). Kenapa haru kayu ini?

Ada banyak hal yang bisa di dapatkan dari kayu Jati TPK seperti :

Serat kayu – Serat kayu dari jati TPK adalah yang terbaik dengan memiliki serat dan tekstur paling indah. Karakteristiknya yang stabil, kuat dan tahan lama membuat kayu ini menjadi pilihan utama sebagai material bahan bangunan dan furniture.

Kadar air kayu – Kadar air dari kayu jati TPK memiliki kadar air sebesar kurang tidak lebih dari 14% kadar air. Sedangkan kadar air dari kayu jati non TPK memiliki kadar air yang lebih dari sebesar 14%. Kenapa kadar air ini penting? Dengan kadar air yang rendah membuat kayu jati TPK tidak memuai ketika di pakai. Sebab kalau kayu memuai bisa membuat kuningan ikut rusak.

Warna finishing kayu – Warna finishing juga perlu di perhatikan. Sebenarnya warna finishing ini perlu di saat sebelum dan sesudah di finishing untuk memastikan apakah kayu yang di pakai kayu jati TPK atau bukan. Dan perlu anda sesuaikan juga warna finishing ini dengan selera yang anda mau. Apakah akan memakai warna hitam, merah, atau warna kayu murni.

Kuningan Yang di Pakai

Bahan kuningan yang di pakai adalah jenis plat kuningan. Dan hal yang anda perlu tanyakan adalah:

Tebal Plat Kuningan

Berapa tebal plat yang akan di pakai. Biasanya tebal plat kuningan yang di pakai adalah 0,6mm, 0,7mm dan 0,8mm. Jika plat yang di pakai dari lebih tipis dari ukuran itu bisa membuat ketika kuningan akan di pasang ke kayu menjadi rusak dan terlihat penyok – penyok.

Finishing Kuningan

Finishing ini juga perlu di perhatikan jika finishing tidak bagus akan terlihat kuningan ini menjadi usang.

Mungkin sekian dari kami yang kami bahas untuk kali ini segoma bermanfaat. Untuk membeli sihlakan langsung ke Beli Pintu Nabawi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *