Meninjau Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga dan Kuningan di Ars Art Industry Boyolali

kerajinan tembaga kuningan

Terdengar suara tempaan martil pada lempengan tembaga terdengar keras saat memasuki kawasan dusun Tumang, Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dusun Tumang dikenal luas sebagai penghasil kerajinan berbahan dasar tembaga dan kuningan yang bervariasi dan tahan lama. Satu di antara perajin tembaga kuningan yakni Ars Art Industry, yang menggeluti profesi sebagai perajin tembaga dan kuningan sejak puluhan tahun yang lalu.

Semua kerajinan tembaga dan kuningan yang dihasilkan di dusun Tumang adalah buatan tangan. Pada awal pengolahannya, lempengan tembaga atau kuningan dipotong sesuai pola yang sudah disiapkan sebelum kemudian dibakar. Lempengan tembaga melewati empat kali proses pembakaran.

Lempengan tembaga yang sudah melewati proses pembakaran kemudian melalui proses pengelasan untuk menyambungkan lempengan sesuai pola. Pada proses inilah bentuk awal dari kerajinan tembaga sudah mulai terlihat. Setelah itu, tembaga yang sudah berbentuk memasuki proses hias dimana bentuk awal tersebut akan dipotong sedemikian rupa sesuai dengan desain yang diinginkan sebelum memasuki proses finishing.

Ukuran dan bentuk kerajinan tembaga dan kuningan yang dihasilkan di dusun Tumang saat ini sudah sangat bervariasi. Jika dulu pengrajin hanya menghasilkan produk berupa peralatan rumah tangga seperti wajan dan panci, sekarang para pengrajin telah memproduksi tembaga dan kuningan ke dalam berbagai macam bentuk seperti lampu hias, patung, bathtub, kaligrafi, hiasan dinding hingga kubah masjid.

Selain mengandalkan bahan tembaga yang awet dan anti karat, berbagai macam inovasi juga dilakukan agar kerajinan tembaga dari dusun Tumang memiliki pasar yang lebih luas dan tetap hidup. Salah satu inovasi yang ditawarkan oleh Ars Art Industry adalah dengan memberlakukan sistem pemesanan sesuai selera tanpa jumlah minimal pemesanan. Pembeli bisa memesan kerajinan tembaga satuan dengan bentuk sesuai selera. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Harga tentunya akan menyesuaikan dengan ukuran dan tingkat kerumitan dari proses pembuatan.

Pembeli diharapkan untuk tidak perlu cemas apabila belum bisa menyempatkan diri untuk datang ke Boyolali dan membawa pulang kerajinan tembaga dan kuningan khas dusun Tumang ini. Silakan datang ke Tumang Sari RT 03/ RW 14, Cepogo-Boyolali untuk memesan dan lihat langsung proses pembuatannya. Atau bisa juga pesan ke Bp. Adam via phone/whatsapp 0831 0602 5605.

%d blogger menyukai ini: